Wakil Wali Kota Cirebon Yakin Pariwisata di Kota Cirebon Bisa Segera Pulih

CIREBON-Wakil Wali Kota Cirebon yakin jika pariwisata di Kota Cirebon bisa segera pulih. Untuk itu kebersamaan dibutuhkan termasuk dengan mengoptimalkan teknologi yang telah dimiliki Kota Cirebon.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati, usai menghadiri Evaluasi Aplikasi Wisata Kota Cirebon, Pemberdayaan Kelembagaan Kepariwisataan di Kota Cirebon, Rabu, 10 Juni 2020 di aula Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (DKOKP) Kota Cirebon. “Saya yakin, Cirebon tidak butuh waktu lama untuk bangun. Kita memiliki semangat gotong royong,” ungkap Eti. Dengan semangat gotong royong yang dimiliki, sektor pariwisata yang sempat terpuruk sebagai dampak pandemi Covid-19 perlahan bisa pulih.

Terlebih, lanjut Eti, Kota Cirebon memiliki keanekaragaman budaya yang sangat menarik untuk dikunjungi. “Kita juga sudah memiliki teknologinya,” ungkap Eti. Yaitu aplikasi Wisata Kota Cirebon (Wistakon) yang bisa menjadi panduan bagi wisatawan maupun pelaku wisata di Kota Cirebon. “Cirebon pasti bisa bangkit, seniman-seniman kita juga luar biasa,” ungkap Eti.

Sementara itu Kepala DKOKP Kota Cirebon,Drs. Agus Suherman. SH. MH., menjelaskan jika hari ini mereka memang mengumpulkan mitra kerja untuk mempersiapkan pariwisata di Kota Cirebon di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB). “Setelah pandemi Covid-19, kita memasuki AKB,” ungkap Agus. Untuk itu, kepariwisataan harus dipersiapkan dengan baik agar tetap bisa berjalan sekalipun masih berada di masa AKB. “Sumber daya manusia kita persiapkan, kelembagaannya juga kita siapkan,” ungkap Agus.

Selain itu, Agus juga menambahkan jika pihaknya akan memaksimalkan penggunaan aplikasi Wistakon yang telah dimiliki oleh Pemda Kota Cirebon dan dikelola oleh mereka. “Ke depannya kita juga akan membangun komunikasi dan koordinasi dengan kepala dinas pariwisata se Ciayumajakuning,” ungkap Agus. Agus yakin, pariwisata di Cirebon bisa semakin berkembang jika Ciayumajakuning bersatu.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon, Ma’ruf Nuryasa, AP., menjelaskan jika aplikasi Wistakon merupakan bagian dari strategi Cirebon Smartcity, khususnya untuk membangun city branding. “Di dalam apliasi tersebut terdapat berbagai hal tentang pariwisata termasuk menampilkan agenda wisata yang ada di Kota Cirebon,” ungkap Ma’ruf.

Untuk pengelolaan, isi dan konten, selanjutnya akan dilakukan oleh DKOKP Kota Cirebon. “tapi kami tetap membantu pengembangan teknis,” ungkap Ma’ruf. Ma’ruf yakin, DKOKP Kota Cirebon mampu memperkaya konten yang ada di aplikasi wistakon sehingga aplikasi tersebut menjadi lebih bagus lagi. Sehingga ke depannya aplikasi wistakon bisa dimanfaatkan dengan baik oleh wisatawan yang berkunjung tidak hanya di Kota Cirebon namun juga di wilayah Ciayumajakuning.

381 Total Views 2 Views Today