Wali Kota Cirebon: Mendongeng Sarana Tanamkan Nilai Kebaikan Kepada Generasi Muda

CIREBON – Mendongeng merupakan sarana untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan dan budi pekerti kepada generasi muda. Dengan mendongeng, nilai-nilai yang ditanamkan bisa terus diingat hingga dewasa.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, SH., dalam kegiatan Dongeng Lintas Generasi, Kamis, 28 November 2019. “Dongeng lintas generasi ini adalah gagasan brilian, “ tegas Azis. Karena mendongeng merupakan warisan budaya leluhur yang tidak boleh punah di negeri ini. “Sekalipun saat ini teknologi semakin maju, budaya mendongeng yang merupakan kearifan lokal bangsa kita tidak boleh sampai punah,” tegas Azis.

Mendongeng, lanjut Azis, bukan sekedar membacakan cerita pada anak. Namun mendongeng merupakan cara yang efektif untukk menanamkan nilai-nilai kebaikan, nilai solidaritas hingga nasionalisme kepada generasi muda. “Dengan cara mendongeng pula maka nilai-nilai yang sudah ditanamkan sejak kecil tersebut akan terus teringat hingga dewasa kelak,” ungkap Azis.

Untuk itu, Azis menyambut baik kegiatan dongeng lintas generasi dan berterima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini. “Apalagi akan berupaya untuk mencapai rekor Muri. Ini luar biasa,” ungkap Azis. Dengan mendongeng juga menanamkan bibit-bibit literasi kepada generasi muda, khususnya generasi muda di Kota Cirebon.

Pada kesempatan yang sama, Azis juga mengucapkan terimakasih kepada Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati, yang telah menjadi bunda literasi Kota Cirebon dan mengawal bunda-bunda literasi tingkat Kota Cirebon untuk menyebarkan semangat literasi kepada anak-anak, generasi muda di Kota Cirebon.

Sementara itu, Drs. H. Jaja Sulaeman, M.Pd., Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Cirebon mengungkapkan kegiatan yang mereka gelar kali ini sebagai upaya untuk melestarikan budaya dongeng dari orangtua kepada anaknya. “Sekaligus meningkatkan semangat literasi di Kota Cirebon,” ungkap Jaja.
Hari dongeng sedunia.

Dengan kegiatan ini literasi di kota cirebon semakin meningkat. Inginnya diundang semuanya setiap ada kegiatan literasi. Tidak semua sekolah kami undang. Ini awal bagi dunia literasi utk wujudkan harapan bunda literasi, utk menunjukkan kepada masyarakat indonesia, jika warga cirebon mampu utk mendongeng cerita rakyat, rekor muri insya allah 2019 utk dogeng lintas generasi.

1317 Total Views 3 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.