Sekda : Pelaksanaan Ibadah Haji Tahun Ini Lebih Baik dan Tertib


CIREBON- Pelaksanaan ibadah haji tahun ini telah berjalan dengan tertib. Evaluasi dilakukan untuk peningkatan ibadah haji di tahun berikutnya.

Hal tersebut diungkapkan Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Anwar Sanusi, S.Pd., M.Si., usai menyambut kedatangan jamaah haji Kota Cirebon di Kompleks Korem 063 Sunan Gunung Jati, Senin, 9 September 2019. “Alhamdulillah, saya lihat pelaksanaan ibadah haji tahun ini lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Lebih teratur,” ungkap Anwar. Karena itu, Anwar mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Agama Kota Cirebon yang sudah bekerja optimal untuk pelaksanaan ibadah tahun ini.

Selain itu, Anwar juga mengucapkan terima kasih kepada Korem 063 Sunan Gunung Jati yang telah memfasilitasi mulai dari keberangkatan hingga kedatangan jamaah haji asal Kota Cirebon. “Jika pun ada yang kurang, kita lakukan evaluasi. Sehingga tahun depan pelaksanaan ibadah haji akan lebih baik lagi,” ungkap Anwar.

Sementara itu Kasi Penyelenggara Haji Kementerian Agama Kota Cirebon, H. Jajang Badrujaman, mengungkapkan jika jamaah haji asal Kota Cirebon tergabung dalam kloter 74 bersama dengan Depok dan Bogor. Dari 340 jamaah haji Kota Cirebon dan pendampingnya, sebanyak 2 orang meninggal dunia. “Saat ini masih ada seorang lagi yang dirawat di rumah sakit di Madinah,” ungkap Jajang.

Jika sudah sembuh, jamaah haji tersebut akan dipulangkan mengikuti kloter berikutnya. “Kita tetap berkewajiban memantau dan mendampingi,” ungkap Jajang. Karena itu, mereka akan menjemput ke bandara untuk kembali pulang ke Cirebon.

Ada pun penyebab jamaah haji yang meninggal menurut Jajang dikarenakan cuaca panas di Arab Saudi. “Suhunya bisa mencapai 52 derajat celcius,” ungkapnya. Karena terlalu bersemangat, banyak yang lupa untuk minum air yang banyak membawa topi serta berbagai tindakan pencegahan untuk menghadapi teriknya matahari.

Sehingga mereka dehidrasi, kelelahan dan meninggal dunia. “Ini yang akan kita evaluasi,” ungkap Jajang. Karena tahun depan, diperkirakan kondisi cuaca di Arab Saudi juga akan panas saat penyelenggaran ibadah haji.

1011 Total Views 3 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.