Pj Wali Kota: Gelorakan Kesadaran Berolahraga, Tingkatkan Produktivitas

Kota Cirebon -Kesibukan yang dijalani setiap hari, seringkali membuat seseorang melupakan kebutuhan jasmani. Kehadiran Formi diharapkan bisa menggelorakan kembali jiwa dan kesadaran masyarakat Kota Cirebon akan pentingnya melestarikan budaya dan olahraga sehat tradisional.

Hal tersebut diungkapkan Pj Wali Kota Cirebon, Dr. H. Dedi Taufik, M.Si sebelum melepas acara Jalan Sehat Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) dalam rangka peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas), Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan 2018 di arena Car Free Day Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Minggu, 02 Desember 2018. “Saya apresiasi kepada jajaran pengurus FORMI yang terus eksis menjalankan fungsi peranannya, menyumbangkan kontribusi untuk membangun budaya hidup sehat,” ungkap Dedi.

Dijelaskan Dedi, apapun profesi kita, setiap harinya selalu disibukkan dengan tugas-tugas rutin yang menuntut konsentrasi, keseriusan serta kesungguhan. Energi begitu banyak terserap untuk membangun karya, karsa dan citra positif baik untuk kita sendiri ,keluarga maupun bakti sebagai warga negara. “Terkadang kesibukan yang mendera membuat kita lupa jika tubuh juga membutuhkan kesehatan fisik,” ungkap Dedi. Karena itulah Formi dibutuhkan. Sebagai organisasi mandiri yang selalu fokus memberikan manfaat untuk meningkatkan derajat kesehatan, kebugaran jasmani, kegembiraan serta menumbuhkembangkan pelestarian olahraga sehat, bugar dan gembira. “Disini kita kebersamaan, pesertanya mulai dari anak kecil sampai dengan kakek dan nenek. Karena olahraga selain prestasi juga ada olahraga wisata,” ungkap Dedi.

Pada kesempatan yang sama Dedi juga berpamitan kepada seluruh warga Kota Cirebon yang hadir pada kesempatan tersebut. “Seminggu, dua minggu ke depan saya tidak ada disini lagi,” ungkap Dedi. Nantinya akan ada walikota dan wakil walikota yang telah terpilih secara definitif. Namun pada kesempatan itu Dedi berjanji akan kembali kesini sebagai pejabat Pemprov Jabar untuk membangun Kota Cirebon. “Biar bagaiamana pun saya pernah minum air disini, membangun disini,” ungkap Dedi.

Dedi juga kembali mengingatkan jika mulai bulan ini, Kota Cirebon akan mendapatkan satu bus pariwisata serta 10 bus BRT. Bus tersebut akan berkeliling satu satu point ke point lain yang telah ditetapkan di Kota Cirebon. Bahkan tahun depan, juga akan dibuatkan bike sharing, atau peminjaman sepeda untuk turis dari satu keraton ke keraton lainnya. “Bisa juga dikerjasamakan dengan Formi,” ungkap Dedi.

Sementara itu Ketua Formi Kota Cirebon, dr. Edial Sanif, mengungkapkan jika gerakan ini dilakukan agar masyarakat peduli dan membiasakan hidup sehat. “Salah satunya dengan berolahraga secara teratur dan terencana,” kata Edial. Dengan olahraga yang teratur dan terencana, maka tubuh akan bugar dan meningkatkan produktivitas. Kalau yang sakit berkurang, maka otomatis akan mengurangi biaya negara di bidang kesehatan.

Selain kegiatan yang diselenggarakan hari ini, sebelumnya Formi Kota Cirebon juga telah menyelenggarakan kegiatan untuk anak-anak PAUD bertempat di Stadion Bima, Kota Cirebon. Tujuannya untuk memperkenalkan olahraga sejak usia dini. Sehingga diharapkan generasi milenial akan sehat, bugar dan selalu berfikir jernih untuk menghadapi tantangan global yang tidak mudah.

549 Total Views 3 Views Today