Pemkot Dorong Program Perlindungan Terhadap Hak Perempuan dan Anak

CIREBON- Pemerintah Daerah Kota Cirebon mendukung program perlindungan terhadap perempuan dan anak secara benar. Pelaksanaan program PKK dapat mewujudkan perlindungan terhadap hak-hak perempuan dan anak.

Demikian diungkapkan PJ Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Drs. H. Anwar Sanusi, M.Si saat menghadiri acara Monitoring dan Evaluasi (monev) 10 program PKK dan penilaian lima lomba tingkat Prov Jabar tahun 2019 di Kelurahan Kalijaga Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon, Rabu (21/8). Anwar mengatakan perlindungan anak dan perempuan saat ini menjadi bagian terpenting pelaksanaan pemerintahan.

“PKK memiliki pengaruh yang besar karena berbasis kekuatan masyarakat terutama kaum perempuan. Saya yakin bagi anggota PKK keharmonisan rumah tangga dapat terwujud karena mereka memiliki keunggulan kemampuan organisasi,” ungkap Anwar.

Anwar menambahkan pelaksanaan program PKK dapat diwujudkan oleh Kelurahan Kalijaga sehingga mewakili Kota Cirebon. Kesadaran ibu PKK Kelurahan Kalijaga tidak dapat diragukan lagi dengan pelaksanaan berbagai program.

“Kami melihat kesadaran anggota PKK Kelurahan Kalijaga sangat bagus karena dari hati. Secara kasat mata pesiapan lomba cukup bagus dan semoga bisa mewakili tingkat Jabar nantinya,” kata Anwar.

Wakil Ketua 4 tim PKK Provinsi Jabar, Euis Soetrisno, SH, MPH mengatakan pihaknya melakukan monitoring dan evaluasi agar PKK Kelurahan Kalijaga dapat berkiprah lebih baik. Berbagai persoalan akan dievaluasi sehingga PKK Kelurahan dapat melaksanakan program-programnya.

“Kejuaraan penting tapi bukan segala-galanya. Yang terpenting pelaksanaan program PKK dilakukan secara benar,” kata Euis.

Evaluasi lanjut Euis dilakukan seputar tertib adminstrasi dan ketaatan terhadap kelompok kerja (Pokja). Beberapa pokja yang dinilai antara lain pola asuh anak dan remaja berbasis cinta kasih, produk PKK yang tertib, indah dan nyaman, pemeriksaaan dini sehingga perempuan anggota PKK tidak terserang kanker mulut Rahim dan lainnya.

Sementara Lurah Kalijaga, Dewi Ratnawati, S.STP mengatakan bersyukur dapat mewakili Kota Cirebon dalam lomba PKK tingkat Provinsi Jabar. Kelurahan Kalijaga memang sudah melaksanakan program PKK sejak lama sehingga sudah siap menghadapi lomba.

“Berbagai program unggulan kami lakukan antara lain RW 13 dengan RW Layak Anak, budidaya jamur serta budidaya ikan patin dan lainnya,” tandasnya.

1110 Total Views 3 Views Today