KERAJINAN KHAS CIREBON

Kota Cirebon merupakan salah satu Kota yang kini mengalami perkembangan yang cukup pesat. Meski wilayah Kota Cirebon tidak memiliki wilayah yang terlalu luas, namun Kota Cirebon memiliki sejumlah potensi wisata. Mulai dari wisata sejarah, wisata religius hingga wisata kuliner semua tersedia di Kota yang kerap sekali dijuluki dengan Kota Udang atau Kota Wali.

Berbagai lokasi wisata di Kota Cirebon pun sudah dikenali oleh para wisatawan lokal maupun nasional. Dan tak luput juga berbagai kerajinan tangan khas Kota Cirebon pun sudah banyak dikenali, seperti halnya yakni :

  1. Kerajinan Topeng Cirebon

Topeng adalah kerajinan khas Cirebon berupa ukiran kayu berbentuk wajah manusia dengan karakter tertentu. Bagi masyarakat Cirebon, selain sebagai alat Bantu Tari Topeng, topeng juga memiliki makna filosofis yang sangat mendalam dan merupakan symbol dari karakter-karakter manusia pada umumnya dan berisi pesan-pesan kehidupan yang arif dan bijak.

Topeng mempunyai ikatan histories yang kuat dengan masyarakat cirebon, sehingga dapat dikatakan bahwa, Topeng merupakan salah satu jejak sejarah kota Cirebon, baik itu dalam konteks social-budaya, agama maupun sejarah perjuangan kota Cirebon.

  1. Kerajinan Lukisan Kaca

Lazimnya suatu lukisan di tunangkan dalam media kertas. Akan tetapi di tangan seniman-seniman Cirebon, hal tersebut bukanlah suatu batas untuk menuangkan ekspresi seninya. Dengan teknik yang tinggi dan kayak an gradasi warna serta sarat nuansa dekoratif, para seniman Cirebon mampu menghasilkan suatu karya seni yang bernilai tinggi berupa lukisan kaca yang indah dan bercita rasa Cirebon.

Bagi anda pecinta seni kaligrafi islam, khususnya lukisan kaca kaligrafi bernilai tinggi, tidak salah kiranya anda memilih Kota Cirebon sebagai kota tujuan. Di Kota banyak terdapat seniman-seniman lukisan kaca kaligrafi khas Cirebon yang akan memperindah tampilan ruangan dan menambah koleksi lukisan kaligrafi anda.

  1. Kerajinan Rotan

Artistik, unik, dan eklusif serta fungsional adalah kesan yang akan didapat saat pertamakali kita melihat kerajinan rotan yang memiliki tekstur kayu yang unik, ‘disulap’ oleh seniman- seniman cirebon menjadi suatu kerajian yang bermuatan nilai seni yang tinggi dan berkualitas international-ekspor. Dalam perbembangannya, para seniman Cirebon melakukan suatu terobosan besar dengan mengkombinasikan rotan dengan serat pisang dan eceng gondok menjadi suatu maha karya yang orsinil dan bernilai tinggi.

  1. Kerajinan Batik

Kerajinan batik tulis Cirebon adalah salah satu dari begitu banyak potensi kekayaan budaya seni yang dimiliki Kota Cirebon yang masih terjaga kelestariannya hingga saat ini.Seni membatik adalah suatu kesenian yang membutuhkan ketelitian, kesabaran dan konsentrasi yang tinggi.

Selain itu, dalam proses pembuatanya, membutuhkan penyatuan hati dan pikiran agar batik yang dihasilkan mempunyai kandungan nilai dan mutu yang tinggi.

Warna dan corak batik Cirebon yang khas dan berkelas menjadikan batik Cirebon merupakan salah satu cinderamata yang paling di buru oleh wisatawan domestic atupun mancanegara yang berkunjung ke Cirebon. Motif yang paling digemari oleh wisatawan adalah motif “Megamendung dan Wadasan”

  1. Kerajinan Rellef Logam

Kerajinan relief logam merupakan produk khas yang dihasilkan oleh seniman-seniman Cirebon. Berbagai pilihan bentuk relief dan ukuran akan mempercantik tampilan dekorasi ruangan rumah anda. Diantara bentuk relief yang paling banyak digemari oleh para wisatawan domestik muapun mancanegara adalah relief bangunan bersejarah, relief hewan (ikan arwana, naga, dan lain sebagainya), dan relief pemandangan alam.

  1. Kerajinan Kaca Dekorasi

Kerajinan kaca dekorasi merupakan kerajinan berbahan baku kaca yang dikenal dengan kaca patri, kaca grafier, etsa dan pesta, akan menambah karakter ruangan, kantor, maupaun rumah anda menjadi lebih artistik dan elegan

 

4733 Total Views 5 Views Today


Kejaksan - Serah terima jabatan dan pisah sambut kepala Rumah Tahanan kelas 1 Cirebon dari kunrat kamiri Amd IP, S.sos M AP Kepada Jalu Yuswa Panjang AmdIP SH Msi dihadiri oleh Sekretaris daerah Kota Cirebon Asep Dedi.( 17/01) Selain dihadiri oleh sekda kota cirebon acara tersebut dihadiri juga oleh Kaspolres Kota Cirebon Vivid adi , Kepala kejaksaan Negeri Cirebon Kota, Kepala Kejaksaan Negeri Kab Cirebon dan pimpinan daerah yang lain selain itu juga hadir Kakanwil Jawa barat Susi susilawati. Dalam kesempatan tersebut kakanwil kantor Hukum dan HAM Jawa barat Susi Susilawati  mengatakan bahwa di jawa barat ada 104 jabatan yang dipromosikan sebagai bentuk penyegaran di instasinya dan berharap agar pejabat yang baru tidak merusak sistem yang sudah berjalan akan tetapi dapat menjaga dan memelihara instansinya karena saat ini sedang menjadi sorotan publik, Ungkapnya ( PGH) 17/01 Save Save Save Save Save Save