Nadran Didorong Jadi Agenda Nasional Pariwisata

CIREBON – Pemerintah Daerah Kota Cirebon mendorong acara sedekah laut atau nadran nelayan dapat menjadi agenda nasional pariwisata. Hal ini dilakukan untuk mendukung agenda pariwisata dan meningkatkan kunjungan para wisatawan.

Demikian diungkapkan Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati ketika menghadiri kirab ancak sedekah laut kampung nelayan Cangkol Tengah di Halaman BAT, Sabtu (6/10).

Eti mengatakan nadran dilaksanakan dalam rangka syukuran nelayan dengan rejeki yang berlimpah.

“Nadran juga sebagai pelestarian nilai budaya sebagai warisan leluhur. Tentu di dalamnya banyak keunikan yang dapat dinikmati para wisatawan dan warga sekitar,” ungkap Eti.

Eti menambahkan pihaknya mendorong agar pelaksanaan nadran tahun depan di Kota Cirebon dapat dilaksanakan dalam satu momen. Ada empat wilayah yang melaksanakan nadran yakni Cangkol Tengah, Kesunean, Samadikun dan Kejawanan. Jika dilaksanakan secara bersamaan akan menjadi sangat meriah dan besar acaranya.

“Dengan jumlah besar tentu akan menjadi daya tarik pariwisata. Kami juga akan mencoba bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Cirebon bila ada kemungkinan nadran dilaksanakan secara bersamaan,” kata Eti.

PLT Kepala DKOKP Kota Cirebon, Adin Imadudin Nur mengatakan pihaknya akan kembali mencoba mengembalikan pesta nadran secara bersamaan pada tahun depan. Kegiatan bersama akan meningkatkan kebersamaan antar nelayan termasuk dalam agendan nadran.

“Pada tahun ini memang tiga wilayah pesisir sudah melakukan, terakhir ini Pesisir Cangkol. Kami harapkan tahun depan tentunya dapat dilaksanakan secara bersamaan sehingga akan besar acaranya,” kata Adin.

Nadran, lanjut Adin wujud pelestarian seni budaya dengan menyalurkan berbagai potensi yang ada. Kekayaaan budaya Cirebon disatupadankan antar nelayan dengan masyarakat yang muncul dengan kekhasan budaya Cirebon.

“Kami tentunya barharap setiap acara nadran melibatkan nelayan serta masyarakat setempat. Nadran diharapkan meningkatkan kunjungan pariwisata,” tandasnya.

Kegiatan nadran berjalan meriah tampak peserta kirab hadir diantaranya marching band SMPN 1 Kota Cirebon, ancak nelayan cangkol, barongsai pbd kelabang, kostum carnival, barongsai naga mustika,burok dan genjring dogdog family grup.

Ancak dibawa nelayan untuk di larung di pesisir Cangkol sambil diarak dari halaman BAT.

1782 Total Views 6 Views Today