Menjadikan Kota Cirebon Lebih Bersih, Dinas Lingkungan Hidup Anggarkan Pengadaan Alat dan Armada

By | December 20, 2018

CIREBON- Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon diberikan keleluasaan anggaran untuk penyediaan sarana dan prasarana pengelolaan sampah pada 2019 mendatang. Seluruh masyarakat Kota Cirebon juga diminta bersama-sama turut serta menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya masing-masing.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon, Drs. H. RM Abdullah Syukur, M.Si, Kamis, 20 Desember 2018. “Tahun depan kita diberi anggaran lebih,” ungkap Syukur. Anggaran tersebut akan digunakan untuk pengadaan alat dan armada pengangkutan sampah. Seperti diketahui, mulai tahun depan Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon diberikan tugas penting untuk menjaga kebersihan ruas jalan protokol serta jalan yang dekat dengan jalan protokol. Tujuannya, agar kebersihan kota terjaga sehingga program menjadikan Kota Cirebon sebagai kota pariwisata di Jawa Barat bisa berjalan dengan baik. “Seperti diamanatkan, tahun depan Kota Cirebon harus lebih bersih lagi,” tegas Syukur.

Sedikitnya ada 3 program yang akan mereka lakukan di tahun mendatang. Yaitu pembuatan TPS terpilah di Krucuk, TPS mobil dengan menutup TPS di Kesambi serta melakukan recycle sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). “Sampah yang lama dibongkar, kita ayak tanahnya lalu residu sampahnya dibuatkan briket bahan bakar,” ungkap Syukur. Dengan program yang mereka lakukan ditargetkan pada 2020 mendatang Kota Cirebon bisa lebih bersih lagi. “Sosialiasi dan edukasi kita lakukan 2018, penyediaan sarana dan prasarana 2019 sehingga 2020 kota kita harus lebih bersih lagi,” tegas Syukur.

Sementara itu mengenai sampah di kawasan Bima, Syukur mengakui jika dinas yang dipimpinnya juga bertanggung jawab terhadap kebersihan di kawasan tersebut. Namun mereka bertanggung jawab untuk mengambil sampah yang di area parkir. Dijelaskan Syukur, di kawasan Bima seringkali ditemukan sampah-sampah bekas styrofoam maupun sampah lainnya, khususnya setelah hari Minggu. “Untuk kawasan Bima, manfaatnya sudah kita rasakan bersama, jadi mari kita sama-sama jaga kebersihannya,” pinta Syukur.

Sedangkan Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj Eti Herawati, mengungkapkan jika permasalahan sampah akan terus menerus mereka benahi. “Berbagai terobosan akan kita lakukan, sedikit demi sedikit permasalahan sampah segera dibenahi,” ungkap Eti. Karena itu kerjasama dengan semua pihak, termasuk masyarakat juga dibutuhkan agar Kota Cirebon bisa menjadi lebih bersih, indah dan tempat yang nyaman untuk ditinggali.

695 Total Views 6 Views Today

Comments are closed.