Kota Cirebon Dorong Pengembangan Literasi Digital Kreatif dan Inovatif

CIREBON — Wakil Wali Kota Cirebon Dra. Hj. Eti Herawati mengaku kagum dengan karya desainer cilik Akeyla Alyadina (9 tahun) yang memamerkan karyanya di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cirebon, Jumat (15/01/2020).

Eti berharap semangat, inovasi dan kreativitas Akeyla bisa menjadi inspirasi bagi anak-anak di Kota Cirebon. “Goresan tangan Akeyla [desain] telah dipentaskan diberbagai negara, dan ini tentu sangat menginspirasi,” katanya.

Pada saat yang sama Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cirebon Drs. H. Jaja Sulaiman M. Pd menuturkan sosok desainer cilik Akeyla bisa menjadi contoh dari dampak positif perkembangan teknologi. “Literasi digital kreatif dan inovatif seperti desain akan terus kami kembangkan di Kota Cirebon,” tuturnya.

Jaja mengungkapkan literasi digital kreatif dan inovatif mendorong dampak positif perkembangan teknologi untuk berkarya seperti yang dicontohkan Akeyla.”Para guru dan orang tua mari arahkan anak-anak untuk berkreasi dengan memanfaatkan teknologi,” tuturnya.

Adapun Akeyla mengaku sangat bahagia bisa menampilkan karya desainnya di Kota Cirebon. “Tema desain yang ditampilkan mengambil tema water melon,” katanya ketika ditanya sejumlah wartawan.

Menurut Ibunda Akeyla (Inawati), anaknya sudah memperlihatkan kegemaran menggambar sejak usia 2 tahun. Kemudian pada usia 5 tahun sudah bisa membuat sketsa, dan umur 7 tahun bisa merealisasikan sketsa desainnya.”Debut pertama Akeyla di Moskow Rusia dalam sebuah acara fashion show dengan membawa misi perdamaian,” ujarnya.

Inawati menambahkan untuk saat ini Akeyla membuat desain motif batik yang nantinya dibuat oleh para difabel.”Karya Akeyla pernah dipentaskan di Rusia, Libanon dan beberapa daerah di Indonesia,” tambahnya.

3384 Total Views 6 Views Today