Jelang HUT RI ke 74, Plh. Sekda Berharap Anggota Paskibraka Bisa Bertugas Dengan Baik

CIREBON- Setiap anggota Paskibraka Kota Cirebon diharapkan bisa melaksanakan tugas mereka dengan sebaik-baiknya. Kepada pembimbingnya juga diminta untuk melatih dan membina adik-adik mereka dengan baik.

Hal tersebut diungkapkan Plh. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Anwar Sanusi, S.Pd., M.Si., saat kegiatan Pembukaan Gladian Sentra Daerah Calon Anggota Paskibraka tahun 2019 tingkat Kota Cirebon di Balaikota Cirebon, Rabu, 7 Agustus 2019.

“Saya berharap, anggota paskibraka tahun ini bisa menjalankan tugas mereka dengan sebaik-baiknya,” ungkap Anwar yang mewakili Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, SH. Mereka diharapkan memiliki kemampuan intelektual yang baik sehingga bisa menjadi pribadi yang bertanggungjawab untuk menjalankan tugas tersebut.

Selain itu, Anwar juga mengungkapkan kebanggaannya kepada peserta paskibraka yang akan bertugas pada penaikan dan penurunan sang saka merah putih pada hari kemerdekaan RI ke 74 tahun ini.

“Karena mereka terpilih dari seleksi yang ketat,” ungkap Anwar. Tidak hanya itu, mereka juga telah dengan ikhlas, berpanas-panasan menjalani latihan yang tidak ringan untuk menjadi peserta paskibraka. “Ini kebanggaan kita sebagai orang tua,” ungkap Anwar.

Karena itu Anwar juga berpesan kepada Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata serta Purna Paskibraka untuk bisa membimbing dan menjadi instruktur adik-adik mereka dengan baik. Sehingga mereka nantinya bisa bertugas dengan tenang dan tanpa hambatan.

Sementara itu ketua pelaksana sekaligus Kabid Kepemudaan dan Olahraga DKOKP Kota Cirebon, R Agus Setiadiningrat, menjelaskan jika gladian sentra daerah merupakan pemusatan latihan paskibraka tingkat Kota Cirebon 2019.

“Sebelum pemusatan ini, calon anggota paskibraka telah melalui sejumlah tahapan,” ungkap Agus. Dimulai dari tahapan seleksi, pradiklatsar, diklatsar hingga sekarang masuk ke tahap gladian sentra mulai dari 8 hingga 18 Agustus 2019.

Mereka yang dikukuhkan sebagai anggota Paskibraka selama masa akan fokus menjalani pembekalan baik materi baris berbarirs, sikap moral dan mental untuk menjalankan tugas negara berupa penaikan dan penurunan bendera merah putih tahun ini.

“Untuk fokus, komunikasi dengan dunia luar juga akan diputuskan,” ungkap Agus.

Untuk jumlah paskibraka menurut Agus dari 150 orang di seleksi awal akhirnya mendapatkan 32 orang. Namun 2 orang terpilih menjadi paskibraka tingkat Provinsi Jabar.

“Sehingga saat ini yang melaksanakan gladian sentra daerah sebanyak 30 orang,” ungkap agus.

888 Total Views 9 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.