Jadi Pensiunan yang Produktif, Bank Mandiri Taspen (Mantap) Gelontorkan Program Wirausaha Mantap Mandiri

CIREBON-Masa pensiun bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) harus dipersiapkan. Tidak hanya ngemong cucu, masa pensiun juga bisa digunakan untuk berbagai kegiatan yang produktif.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs. Asep Dedi, M.Si., dalam Sosialisasi Kewirausahaan di Lingkungan ASN Kota Cirebon Bersama PT Taspen (Persero) dan PT Bank Mandiri Taspen (Mantap) Cabang Cirebon (Persero), Selasa, 16 Juli 2019.

“Persiapan pensiun harus dilakukan sejak dini, baik kesiapan fisik maupun mental,” ungkap Asep. Masa pensiun, lanjut Asep, tidak melulu dilewatkan dengan mengurus cucu. “Nanti justru semakin cepat tua,” ungkap Asep. Karena itu, masa pensiun juga bisa digunakan untuk berbagai kegiatan produktif.

Untuk itu, pada sosilisasi yang digelar hari ini, Korpri Kota Cirebon mengundang ASN yang kurun waktu dua atau setahun lagi akan pensiun. Mereka akan mendapatkan sosialisasi sekaligus pelatihan dari PT Taspen (Persero) dan PT Bank Mantap untuk melakukan berbagai kegiatan produktif.

“Saya juga tertarik ini,” ungkap Asep. Terlebih tidak hanya sosilisasi dan pelatihan, produk yang dihasilkan dari wirausaha yang dilakukan oleh ASN ini juga akan diserap oleh Bank Mantap. “Dimulai dari usaha-usaha yang ringan-ringan dulu, yang modalnya juga tidak terlalu besar,” ungkap Asep.

Sementara itu Kepala Cabang Bank Mantap Cirebon, Khusnul Yasir, mengungkapkan jika bank mereka dilahirkan melalui dua induk yaitu PT Bank Mandiri dan PT Taspen (Persero).

“Nasabah kami nantinya fokus pada pegawai yang sudah purnabhakti atau pensiun,” ungkap Khusnul.

Kehadiran mereka dimaksudkan untuk memberikan pendampingan bagi pegawai yang sudah purnabhakti namun masih bisa pensiun. “Melalui program Wirausaha Mantap Mandiri, mereka dibuatkan sejumlah program yang bisa diterima dan dilakukan oleh pensiunan,” ungkap Khusnul.

Untuk hari ini, ASN yang menjelang pensiun tersebut akan mendapatkan pelatihan budidaya tanam hidroponik. Selain mendapatkan pengetahuannya, mereka juga akan mendapatkan pelatihan termasuk menyerap produksi yang nantinya akan dihasilkan.

Fahri, Kepala Cabang PT Taspen (Persero) Cirebon, berharap program ini bisa mendorong ASN untuk memiliki kegiatan produktif saat pensiun kelak. “Bukan berarti harus jadi pengusaha besar, namun minimal mereka memiliki kegiatan dan semangat setelah pensiun,” ungkap Fahri.

Kegiatan ini menurut Fahri sebenarnya telah dimulai sejak setahun lalu yang diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. “Kami berharap ASN yang dua tahun lagi mau pensiun untuk memiliki semangat kewirausahaan, tidak harus besar,” ungkap Fahri. Sedangkan untuk modal akan dibantu oleh PT Bank Mantap.

1122 Total Views 3 Views Today