Inspektorat Serahkan SAKIP, Wali Kota Dorong SKPD Tingkatkan Kinerja

CIREBON-Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, SH mendorong SKPD di Lingkungan Pemerintah Daerah Kota Cirebon meningkatkan prestasi dengan mewujudkan kinerja yang baik. 

Demikian diungkapkan Azis saat menghadiri Pengarahan dan penyerahan laporan hasil evaluasi atas Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) pada Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Cirebon tahun 2019, Rabu (18/9).

Azis mengatakan penilaian yang diserahkan Inspektorat tersebut untuk mengukur kinerja.

“Kami harapkan semua pimpinan SKPD harus terus meningkatkan kinerja untuk melayani masyarakat termasuk pengelolaan keuangan. Nilai yang diterima harus menjadi evaluasi untuk meningkatkan prestasi,” ungkap Azis.

Azis menambahkan pihaknya tetap akan memberikan reward bagi Dinas atau Badan yang memiliki peningkatan prestasi. Prestasi yang ditorehkan juga mendukung program Pemerintah Daerah Kota Cirebon dalam meraih Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

“ASN tidak boleh kendor. Kehadiran ASN tentu harus membawa perubahan ke arah lebih baik,” kata Azis.

Kepala Inspektorat, Drs. H. Asep Dedi, MSi mengatakan pelaksanaan sakip dilakukan untuk mengavaluasi program-program dan kinerja selama satu tahun anggaran. Penilaian menjadi motivasi dan indikator keberhasilan pelayanan masyarakat.

“Alhamdulillah kami sudah melaksanakan evaluasi kepada seluruh Dinas dan badan di Lingkungan Pemkot Cirebon. Penilaian menjadi kewajiban pimpinan perangkat daerah dalam menyusun SAKIP,” ujar Asep Dedi.

Penilaian, lanjut Dedi akan menjadi gambaran sukses tidaknya pelaksanaan anggaran dalam upaya pelayanan ke masyarakat. Hal ini juga menjadi sarana motivasi bagi para ASN untuk meningkatkan layanan.

1446 Total Views 3 Views Today