SENI DAN BUDAYA CIREBON

By | May 20, 2011

KPSC ( Komunitas Penggiat Seni Kota Cirebon ) pada hari Jum’at (20/5/11) di Griya Ciayumajakuning jalan Siliwangi Kota Cirebon menggelar Pagelaran Perdana dengan menampilkan 3 Group kesenian dari Cirebon diantaranya adalah Music Perkusi dan Kolaborasi tetrikal oleh SMA Negeri 9 Kota Cirebon, Sanggar Melati Ayu pimpinan Rokman dan Rokhim yang berasal dari Indramayu yang menampilkan berbagai tarian diantaranya Tari Bajidor Kahot , Tari Kembalikan Baliku Tari Randu Kentir dan beberapa Tari Kreasi lainnya. Sedangkan dari Sanggar Purwa Kencana Losari yang dipimpin oleh Nur M Irman membawakan Tarian Rampak Kelana dan Tari Kelana yang dibawakan langsung oleh pimpinan sanggar tersebut.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pemuda Olah Raga Budaya dan Pariwisata Kota Cirebon Drs Abidin Aslih, Kepala Dinas Pemuda Olah raga Budaya dan Pariwisata Kabupaten Cirebon Sukanda (almarhum), Ketua Komisi C DPRD Kota Cirebon H. Edi Sumardi, Sultan Keraton Kacirebonan Cirebon Abdul Gani beserta Istri serta beberapa pejabat di Pemerintahan Kota dan Kabupaten Cirebon.

Menurut Ketua KPSC ( Komunitas Penggiat Seni Kota Cirebon ) Liyandra mengatakan bahwa rangkaian kegiatan ini adalah ikut serta melestarikan seni dan budaya sebagai warisan luhur yang semakin hari semakin tertelan oleh arus westrenisasi. Lembaga KPSC ( Komunitas Penggiat Seni Kota Cirebon ) mempunyai maksud dan tujuan ikut serta berperan aktif bersama pemerintah untuk melestarikan seni dan budaya Cirebon,  memperkenalkan kembali kepada generasi muda tentang pentingnya pelestarian budaya sebagai ajang silahturahmi baik antar pelaku seni dan para peminat seni budaya.

Sementara itu hasil yang diharapkan penyelenggaraan pagelaran ini diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih wawasan dan nilai-nilai idiologi Nasionalisme melalui kebudayaan dan kesenian, serta juga menyiapkan generasi penerus bangsa yang tanggap dan respon terhadap persoalan kebangsaan kita saat ini sebagai upaya meningkatkan daya saing kebudayaan Nasional, serta menumbuhkan kepribadian Nasional.


Comments are closed.




" GELORA SEMANGAT JUANG PAHLAWAN UNTUK MEWUJUDKAN INDONESIA SEJAHTERA ", PERINGATAN HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER 2014