RA Kartini Pelopor Kebangkitan Harkat dan Martabat Kaum Perempuan

By | April 22, 2013

Raden Ajeng Kartini lahir tanggal 21 April 1879 di daerah Mayong Kabupaten Jepara, Ia Sosok Perempuan Indonesia yang dengan kegigihan, dan kesabarannya Ia menjadi panutan perjuangan kaum perempuan Indonesia. Ia adalah  Tokoh Perjuangan yang telah mengukir sejarah masa depan Bangsa, yang menjadi pelopor kebangkitan harkat dan martabat kaum perempuan. Demikian disampaikan  Walikota Cirebon Drs. H. Ano Sutrisno, MM pada acara Peringatan Hari Kartini Ke 134 Tingkat Kota Cirebon tahun 2013, Selasa ( 23/4) di Gedung Radiant Hall Untag Prima Kota Cirebon.

Acara Peringatan Hari Kartini ke-134 tersebut  dihadiri anggota DPRD Kota Cirebon, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Cirebon Instansi Vertikal, Perwakilan Organisasi Wanita, TP PKK Tingkat Kota, Kecamatan, Kelurahan serta para undangan.

Pada kesempatan itu, Drs.H. Ano Sutrisno, MM mengatakan Tema Peringatan Hari Kartini mengandung makna yang sangat dalam untuk memberikan semangat pembangunan terhadap upaya-upaya peningkatan kualitas hidup perempuan. Sehingga apa yang dicanangkan Kartini dahulu dan sekarang diakui keberadaannya.  Wanita Indonesia tidak menuntut persamaan hak dengan pria tetapi membuktikan bahwa yang dikerjakan kaum pria dapat pula dikerjakan perempuan.

Ia menambahkan peran serta kaum perempuan di dalam berbagai bidang pembangunan sudah semakin meningkat, namun demikian segi kualitas masih banyak perlu kita lakukan & berdayakan dari setiap generasi,  baik masa kini dan masa datang, terutama dalam hal peningkatan kualitas hidup perempuan di beberapa bidang sperti Bidang Pendidikan, kesehatan, ekonomi, hukum, keterwakilan dalam lembaga eksekutif dan legislatif sehingga dapat  memberikan perannya dalam proses pengambilan keputusan ujarnya.

Ketua TP PKK Kota Cirebon Ny. Hj. Erni Astuti Ano Sutrisno, didampingi Ibu Wakil Walikota Ny. Ginawati Limansah Aziz beserta Ibu Sekretaris Daerah Kota Cirebon Ny. Hj. Oom Hasanudin mengikuti Peringatan Hari Kartini ke-134 Tingkat Kota Cirebon, Selasa (23/4)

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Kepala BPMPPKB Kota Cirebon Dra. Hj. Deane Dewi Ratih, MM mengatakan kegiatan peringatan Hari Kartini bertujuan untuk mengingat kembali Jasa dan semangat Kartini, dengan harapan saemangat juang juang R.A. Kartini dapat dilanjutkan oleh generasi seikarang dan yang akan datang.

Setelah Acara Peringatan Hari Kartini dilanjutkan Seminar Sehari, yang mengambil tema “Anti Aging dan Motivasi menggali potensi Diri Wanita” dengan nara sumber yakni  Dr. S Kristianto Witono, FAAFM, Ph. D dari  Pasca Sarjana UNPAD  dan Dra. Hj. Sri Bendera Murni, MM dari pensiunan PNS Cirebon.***

Humas

Raharjo/Lukman H


Comments are closed.




Walikota dan Wakil Walikota Cirebon mengatakan " Suara anda menentukan masa depan bangsa, mari kita sukseskan Pemilu Legislatif 2014, gunakan hak pilih kita untuk memilih anggota DPD RI, anggota DPR RI, DPD Provinsi dan DPRD Kota Cirebon". "Dan mari kita dukung pelaksanaan Pemilu bersih, jujur, adil serta demokratis agar Kota Cirebon tetap aman, tentram dan damai."