Idul Fitri, Momentum Untuk Merajut Kembali Kebersamaan

By | June 5, 2019

CIREBON-Idul fitri merupakan momentum untuk membali merajut persatuan dan kesatuan di tengah-tengah keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia. Ramadhan juga diharapkan menjadi landasan untuk menjadi insan yang lebih bertaqwa kepada Allah SWT.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, SH., usai pelaksanaan Sholat Ied 1440 H di masjid Raya At Taqwa, Kota Cirebon, Rabu, 5 Juni 2019.

“Kami atas nama Pemerintah Daerah Kota Cirebon mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1440 Hijriyah kepada seluruh masyarakat dan umat Islam,” ungkap Azis.

Azis berharap, selama berpuasa sebulan penuh akan membawa perubahan untuk kita semua. “Sehingga 11 bulan ke depan, kita bisa menjadi insan yang lebih baik, yang lebih bertaqwa kepada Allah SWT,” ungkap Azis.

Pada kesempatan yang sama, Azis juga meminta agar Hari Raya Idul Fitri tahun ini bisa menjadi memontum untuk merajut kembali kebersamaan.

”Karena Idul Fitri tahun ini sangat special,” ungkap Azis. Karena saat ini, Bangsa Indonesia telah memperoleh dua kemenangan sekaligus.

Kemenangan pertama yaitu karena Bangsa Indonesia telah sukses menyelenggarakan pemilihan presiden dan pemilihan legislatif dan kemenangan kedua karena telah berhasil menyelesaikan sebuah proses pembinaan mental spiritual untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. Berbagai ujian tersebut menurut Azis berhasil dilewati bersama-sama oleh seluruh anak bangsa.

“Karena itu, melalui Idul Fitri saya sangat berharap kita menyadari pentingnya persatuan dan kesatuan di tengah-tengah keberagaman yang kita miliki,” ungkap Azis.

Perbedaan yang ada, lanjut Azis, jangan sampai membuat persaudaraan sesama anak bangsa menjadi terkoyak-koyak.

“Kita ini saudara, satu bangsa yang tidak boleh terpecah hanya karena perbedaan. Berbeda itu indah dalam persatuan dan kesatuan,” ungkap Azis.

Hal yang sama juga diungkapkan Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati, yang juga melakukan sholat Ied di tempat yang sama.

“Alhamdulillah, kita sudah menjalani ibadah puasa satu bulan penuh di bulan Ramadhan,” ungkap Eti.

Selanjutnya Eti berharap agar nilai-nilai yang selama ini sudah dijalankan di bulan Ramadhan bisa diaplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari.

“Ujiannya sudah kita lewati, kita sudah lulus. Mari kita aplikasikan nilai-nilai yang sudah kita dapatkan di bulan Ramadhan pada bulan-bulan berikutnya,” ungkap Eti.

Eti juga mengungkapkan harapan yang sama, yaitu agar momentum Idul Fitri ini bisa dijadikan landasan untuk kembali merajut kebersamaan, persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia.

“Agar pembangunan yang sudah kita rencanakan bersama-sama bisa berjalan dengan baik,” ungkap Eti.

Karena sesungguhnya pembangunan yang sudah dan akan dilaksanakan dilakukan untuk kemaslahatan seluruh warga Indonesia.

Sementara itu ketua harian At Taqwa Center, Ahmad Yani, juga berharap agar nilai-nilai yang sudah dilatih selama pelaksanaan Ramadhan bisa dipertahankan setelahnya.

“Karena sesungguhnya selama sebulan penuh kita sudah melewati sebuah madrasah. Dimana kita melatih kebiasaan-kebiasaan baik di dalamnya,” ungkap Yani.

Kebiasaan-kebiasaan baik tersebut menurut Yani harus bisa dipertahankan baik dalam beribadah, membangun kehangatan keluarga, membangun keshalehan dengan tetangga dan sanak family lainnya.

Usai pelaksanaan sholat Idul Fitri, baik Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis SH, maupun wakil wali kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati, menggelar open house di rumah dinas masing-masing. Pintu rumah dinas keduanya terbuka untuk umum.

Masyarakat bisa bersilaturahmi langsung dengan pemimpin mereka, berkeluh kesah sambil menikmati hidangan ketupat, sambel goreng dan opor ayam yang disiapkan.

1395 Total Views 9 Views Today

Your email will not be published or shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.