Dukung Pariwisata, Pemkot dan BBWS Bangun Taman Tematik di Sempadan Sungai Cikalong

CIREBON-Pemerintah Daerah Kota Cirebon mendorong Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk- Cisanggarung untuk menata sempadan sungai Cikalong Kota Cirebon. Penataan dilakukan untuk memperkuat fungsi sungai.

Demikian diungkapkan Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, SH ketika mengikuti Rapat tentang Peningkatan Pengelolaan sempadan wilayah sungai cimanuk berupa penataan sempadan sungai Cikalong Kota Cirebon di Ruang kerja Wali Kota, Rabu (18/9).

Azis mengatakan pihaknya memiliki kesepahaman untuk memperbaiki daerah sempadan sungai Cikalong.

“Alhamdulillah Pemkot Cirebon dan BBWS sudah sepakat untuk membuat taman tematik di sekitar sungai Cikalong. Taman tematik ini juga berfungsi untuk penguatan senderan sungai,” ungkap Azis.

Azis menambahkan pembuatan taman tematik juga harus memberikan efek positif bagi warga untuk dimanfaatkan untuk daerah wisata. Hal ini sesuai dengan visi Kota Cirebon sebagai kota kreatif berbasis budaya dan sejarah. Sehati juga memiliki akronim Sehat, Hijau, Agamis, Tentram dan Inovatif.

“Dukungan semua pihak sehingga Kota Cirebon juga menjadi wilayah yang bersih, tertib dan hijau termasuk di sempadan sungai. Harapan kita tentunya sungai juga akan membantu dan mendukung program pariwisata Kota Cirebon,” kata Azis.

Kabid Pelaksanaan Jaringan Sumber Daya Air Kementrian PUPR, Dwi Aryani Semadhi K. mengatakan pihaknya mengapresiasi Pemkot Cirebon yang mendorong perbaikan di sempadan Sungai Cikalong. Perbaikan tentunya untuk mengembalikan fungsi sungai karena banyaknya masyarakat membuat bangunan di sepanjang sungai.

“Ini salah satu langkah untuk antisipasi pelanggaran tersebut. Kami ingin membuat daerah terbuka berupa taman yang terdiri dari jogging track, tempat kongkow dan lainnya,” ujar Dwi.

Dwi mengaku memberikan apresiasi secara khusus dalam rapat bukan hanya direspon baik dengan rencana pembangunan taman tematik tapi kehadiran dua pimpinan Kota Cirebon yakni Wali Kota, Drs. H. Nashrudin Azis, SH dan Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati. Dukungan moral tersebut akan dimanfaatkan sebaik mungkin untuk membuat taman tematik yang bagus.

“Pembuatan taman tematik di sungai Cikalong sebagai langkah awal. Semoga ini sukses sehingga akan dibuat di sungai-sungai lainnya,” tandasnya.

1956 Total Views 6 Views Today