Dongkrak Pariwisata, Runtastc 5 K Diikuti Ribuan Warga

CIREBON – Pemerintah Daerah Kota Cirebon akan meningkatkan kreatifitas dan inovasi untuk mengembangkan potensi terutama wisata di Kota Cirebon. Salah satu potensi pengembangan yakni wisata olahraga yang akan menarik wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri untuk mendukung budaya dan sejarah. 

Demikian diungkapkan Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, SH usai melepas peserta Runtastic 5K di depan Balaikota Cirebon, Sabtu (19/1) malam. Azis mengatakan lari malam hari bentuk kreatifitas yang dilakukan warga untuk pengembangan wisata.

“Kegiatan ini bentuk rasa syukur dari Pemerintah Daerah Kota Cirebon karena pada tahun baru 2019 ini mendapatkan Wali kota dan Wakil Wali Kota baru yang tentunya harus memiliki semangat baru. Saya mengajak semua untuk memajukan Kota Cirebon agar lebih baik,” ungkap Azis.

Azis menambahkan kegiatan Runtastic 5 K ternyata berjalan sukses dari target peserta hanya 1.500 orang ternyata membludak mencapai 3.000 peserta. Hal ini menunjukan antusias warga dalam mengembangkan olahraga termasuk lari. Ini akan menjadi potensi yang akan dikembangkan Pemerintah Daerah Kota Cirebon setidaknya akan dilaksanakan setiap tahun.

“Wong (orang red.) Cirebon kudu kreatif dan inovatif untuk mengembangkan potensi di Kota Cirebon. Dan Alhamdulillah kegiatan berjalan sukses dengan peserta sebagian besar kaum milenial,” ujar Azis.

Pemerintah Daerah Kota Cirebon, lanjut Azis akan mengagendakan kegiatan secara rutin dengan mengundang pelari nasional dan internasional. Hal ini juga bertujuan memperkenalkan budaya dan wisata Kota Cirebon.

Tampak ribuan peserta memadati sepanjang jalan Siliwangi, Krucuk, DR Wahidin Sudirohusodo, Tentara Pelajar dan kembali ke Siliwangi. Selain Azis tampak Wakil Wali Kota, Dra. Hj. Eti Herawaty, Sekretaris Daerah, Drs. H. Asep Dedi, MSi dan sejumlah tamu juga turut serta dalam kegiatan tersebut. Mereka ikut memeriahkan kegiatan Runtastic 5 K tersebut.

Ketua Pelaksana, Emirzal Hamdani mengatakan pihaknya bersyukur kegiatan berjalan sukses. Pihaknya terinspirasi dengan kegiatan Bali Ten K yang cukup mendongkrak pariwisata di Pulau Dewata tersebut.

“Sebagai warga tentu kami juga berkepentingan membantu Pemerintah Daerah Kota Cirebon di bawah kepemimpinan Wali Kota dan Wakil wali kota baru untuk memperkenalkan budaya serta pariwisata,” kata Emrizal.

Emrizal mengharapkan kegiatan akan menjadikan Kota Cirebon menjadi tujuan wisata. Pengembangan dilakukan untuk mengembangkan wisata budaya, belanja dan religi. Kegiatan juga bentuk kreatifitas warga untuk mendukung pengembangan pariwisata tersebut.

“Kegiatan bentuk kreatifitas bersama. Kami juga akan mendeklarasikan Cirebon kudu kreatif pada kegiatan kali ini,” tandasnya.

496 Total Views 9 Views Today