Command Center Jadi Destinasi Wisata Digital Kota Cirebon

CIREBON- Command Center milik Pemerintah Daerah Kota Cirebon yang terletak di Ruang Atas Balaikota Cirebon menjadi destinasi wisata digital. Hal ini terlihat banyaknya kunjungan kerja berbagai instansi Pemerintah Daerah Kota/Kabupaten lain serta Kementerian yang sengaja ingin mengetahui keberadaan command Center. 

Kunjungan pada umumnya ingin mengetahui keberadaan command center yang memiliki fungsi banyak tapi dibangun dengan anggaran terbatas. Hal ini seperti terungkap dalam kunjungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung yang diwakili Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) sengaja datang.

“Pemerintah Kabupaten Bandung berencana membangun command center. Keberadaan command center menjadi rencana strategis kami pada tahun 2019 dalam peningkatan pelayanan ke masyarakat,” ungkap Kabid Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Diskominfo Kabupaten Bandung, Ir Anita Emmayanti, MT di Command Center, Rabu (19/12).

Anita menambahkan pihaknya mendapat rekomendasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat jika Kota Cirebon memiliki command center berkualitas dan berfungsi baik tapi menggunakan anggaran terbatas dalam pembangunannya. Pihaknya membuktikan sendiri dengan melihat kualitas command center dan ingin belajar untuk membuatnya.

“Kreatifitas yang dilakukan Pemerintah Daerah Kota Cirebon terutama Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS red.) ternyata dapat dilihat salah satunya dari pembangunan Command Center. Kami juga tertarik dengan pembuatan berbagai aplikasi yang juga dikembangkan DKIS. Hal yang baik tanpa melupakan kearifan lokal,” ujar Anita.

Anita mengajak seluruh jajaran bidang TIK untuk menggali ilmu ke Kota Cirebon sehingga dapat dikembangkan di Kabupaten Bandung. Pihaknya tidak mengira Kota Cirebon menjadi kota yang pesat di bidang Teknologi Informasi (TI). Selain mengunjungi command Center, tim TIK Kabupaten Bandung mengunjungi pusat informasi di Kantor DKIS.

Kunjungan TIK Kabupaten Bandung diterima oleh Kepala DKIS, Iing Daiman, SIP MSi, Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik (PKP), Ahadiyah Dwi Agustinah, Sos, dan lainnya. Iing menyambut baik Pemerintah Kabupaten Bandung yang ingin mengetahui perkembangan TI di Kota Cirebon.

“Alhamdulillah kami melihat keberadaan command center menjadi destinasi wisata digital. Terbukti sudah banyak daerah yang datang ke Kota Cirebon ingin mengetahui command center selain wisata religi dan belanjanya,” ujar Iing.

Iing menambahkan setidaknya sudah ada lebih dari 10 pemerintah daerah yang sudah dan akan datang ke command center. Mereka yang sudah datang antara lain Kabupaten Kota Waringin Barat, Yogyakarta, Karawang, Majalengka, Kuningan, Bangka Belitung, Pangandaran, Bandung Barat dan lainnya. Sedangkan yang sudah dipastikan datang dari Kabupaten Bangka, Tual dan Kementerian Perdagangan RI.

“Kami juga mengembangkan aplikasi tematik yang tidak meninggalkan kearifan lokal. Hal ini pula yang menempatkan Kota Cirebon masuk 25 Kabupaten/Kota Smart City bersama kota lain yang memiliki anggaran besar menjadi kota smart city,” tandasnya.

696 Total Views 6 Views Today