BSMSS, Sarana Memupuk Semangat Bergotong Royong

By | April 11, 2019

CIREBON-Program Bhakti TNI Pola Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) sarana yang baik untuk memupuk semangat solidaritas, persatuan dan gotong royong. Permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat juga bisa diselesaikan.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati, usai membuka Bhakti TNI Pola Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) tahun 2019 di RW 17 Kriyan Barat, Kelurahan Pegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Kamis, 11 April 2019.

“BSMSS ini memiliki tujuan yang sangat baik,” ungkap Eti.

Yaitu sebagai sarana memupuk dan mengembangkan persatuan, solidaritas sosial, kekompakan hingga semangat gotong royong antara TNI, Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon serta masyarakat. khususnya untuk mengatasi sejumlah permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat tertentu.

“karena untuk keberhasilan pembangunan, keterlibatan semua unsur mutlak diperlukan,” ungkap Eti.

Karena itu, Eti juga menghaturkan terima kasih kepada jajaran TNI, khususnya Kodim 0614 Kota Cirebon yang telah melakukan kegiatan BSMSS ini di RW 17 Kriyan Barat dengan mengatasi permasalahan yang dikeluhkan warga.

Sementara itu Komandan Kodim 0614 Kota Cirebon, Letkol (Inf) Heri Rustanto, S.Sos., mengungkapkan jika program BSMSS di RW 17 Kriyan Barat ini dilakukan berdasarkan adanya keluhan dari masyarakat.

“Kami mencari keinginan masyarakat apa dan menyampaikannya kepada Pemda, “ ungkap Heri.

Selanjutnya, Pemda Kota Cirebon mengeluarkan anggaran sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dan mereka bersama-sama melakukan pekerjaan yang diinginkan warga untuk diperbaiki.

Biasanya, lanjut Heri, dalam setiap pelaksanaan BSMSS apa yang dikerjakan melebihi dari target yang direncanakan.

“Karena pada kegiatan ini hitungannya bukan untung dan rugi. Tapi hati ke hati,” ungkap Heri.

Anggaran yang disiapkan Pemda Kota Cirebon hanya berupa stimulus atau rangsangan bagi warga untuk bersama-sama membangun lingkungan sekitarnya.

Program BSMSS ini menurut Heri terdiri dari dua kegiatan, yaitu kegiatan fisik dan non fisik. Untuk kegiatan fisik meliputi perbaikan jalan lingkungan RW 17 Kriyan Barat, Kelurahan Pegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon dengan panjang 230 meter, lebar 1,22 meter.

Selain itu ada pula pekerjaan saluran dengan panjang 105 meter dengan ukuran 30/40 cm. Kemudian pekerjaan perbaikan jalan lingkungan RW 09 Cibogo dengan panjang 117 meter dan lebar 1,52 meter. Juga ada pekerjaan senderan kali dengan panjang 72 meter dan tinggi 2 meter di Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon.

Sedangkan kegiatan non fisik, berupa motivasi untuk menggugah kesadaran masyarakat. termasuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai wawasan kebangsaan dan persatuan serta kesatuan di Indonesia.

161 Total Views 12 Views Today

Your email will not be published or shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.