Bimtek Linmas Untuk Dorong Kesuksesan Pemilu 2019

By | February 18, 2019

CIREBON- Sebanyak 1.958 anggota Linmas Kota Cirebon dapatkan bimbingan teknis pengamanan pemilu. Keberadaan mereka diharapkan bisa menyukseskan pelaksanaan pemilu 2019 di Kota Cirebon.

Selama 5 hari, sebanyak 1.958 Linmas di Kota Cirebon dapatkan bimbingan teknis (bimtek) yang dilakukan Satpol PP Kota Cirebon. Di hari pertama, Senin, 18 Februari 2019, bimtek dilakukan untuk 672 Linmas yang berada di Kecamatan Harjamukti. Selanjutnya secara berturut-turut pelatihan dilakukan untuk Linmas yang ada di Kecamatan Kesambi sebanyak 446, Kecamatan Pekalipan sebanyak 192, Kecamatan Lemahwungkuk sebanyak 378 dan Kecamatan Kejaksan selama 272. Bimtek dilakukan di Gedung Korpri Kota Cirebon.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs. H. Agus Mulyadi, M.Si, menjelaskan jika keberadaan Linmas memiliki peran strategis untuk menyukseskan pemilu. “Khususnya di tingkat TPS dan penghitungan di tingkat PPK,” ungkap Agus. Keberadaan mereka juga bisa mengingatkan anggota KPPS jika terjadi kesalahan prosedur yang menyebabkan terjadinya pemilihan suara ulang (PSU) beberapa waktu lalu. “Tentunya dilakukan dengan mekanisme yang berlaku,” ungkapnya.

Namun yang paling penting, lanjut Agus, keberadaan Linmas ini bisa mengendalikan situasi ketertiban dan keamanan di tingkat TPS. “Karenanya dengan bimtek ini diharapkan mereka mengetahui apa yang harus dilakukan dan dikerjakan jika terjadi gangguan keamanan dan ketertiban tersebut,” ungkap Agus. Karenanya, Agus mengapresiasi peran dari Satpol PP Kota Cirebon untuk melakukan pembinaan serta bimtek kepada Linmas lebih awal.

Sementara itu Kasatpol PP Kota Cirebon, Drs. Andi Armawan, menjelaskan jika dalam bimtek ini mereka juga mengundang pemateri dari berbagai unsur. “Ada TNI, Polri, Bawaslu serta KPU Kota Cirebon. Termasuk Satpol PP juga,” ungkap Andi. Dijelaskan Andi, masing-masing TPS nantinya akan ditempatkan 2 orang anggota Linmas. Sehingga di tiap TPS nantinya akan ada 9 orang masing-masing terdiri dari 7 orang anggota KPPS ditambah 2 orang anggota Linmas.

“Tugas mereka nanti di dalam TPS. Mulai dari pemanggilan pemilih untuk masuk hingga keluar TPS,” ungkap Andi. Karenanya diperlukan kesamaan persepsi untuk menghindari kemungkinan kesalahan yang bisa saja terjadi. Sedangkan jumlah Linmas yang akan mendapatkan bimtek selama 5 hari yaitu 1.958 orang yang nantinya akan bertugas di 979 TPS di Kota Cirebon.

1137 Total Views 3 Views Today

Comments are closed.