Bersihkan Sungai Cikalong, Pemkot Cirebon Siap Tambah RTH

CIREBON – Pemerintah Daerah Kota Cirebon berupaya menambah Ruang Terbuka Hijau (RTH) untuk meningkatkan kualitas udara dan menjadi paru-paru kota.
Demikian diungkapkan Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati dalam menghadiri bakti sosial dan karya bakti dalam rangka Binter terpadu tahun 2019 Kodim 0614 Kota Cirebon di Sungai Cikalong, Jumat (15/11). Eti menambahkan keberadaan sungai Cikalong juga akan diupayakan untuk menjadi RTH.
“Kami berharap di sekitar sungai Cikalong ini memiliki kualitas udara baik sehingga meningkatkan kesehatan masyarakat. Ke depan ada rencana dibuat taman-taman sehingga berfungsi menjadi RTH,” ungkap Eti.
Eti menambahkan kegiatan bakti sosial ini sangat tepat bukan hanya berfungsi membersihkan lingkungan tapi edukasi.

Harapannya akan menumbuhkan semangat masyarakat di bantaran sungai untuk menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Semangat itu diperlukan untuk menjaga lingkungan tetap bersih.
“Kegiatan semacam ini akan terus dilakukan termasuk rencana minggu depan membersihkan Sungai Kedung Pane. Dengan langkah konkret kita akan berupaya Kota Cirebon menjadi bersih, indah dan tertib,” kata Eti.
Dandim 0614 Kota Cirebon, Letkol Inf Herry Indriyanto mengatakan kebersihan menjadi tanggung jawab bersama dalam menjaga lingkungan tetap baik.

Sumberdaya alam harus dijaga sehingga derajat kesehatan masyarakat akan meningkat.
“Kami menyadari sungai sangat mempengarui kesehatan masyarakat sekitar sehingga tergerak untuk melakukan kegiatan kebersihan. Harapan kami dengan sungai yang bersih masyarakat di bantaran sungai menjadi sehat. Kami juga selalu mendukung program Pemerintah Daerah Kota Cirebon dalam menjaga kebersihan,” tandasnya.

1479 Total Views 3 Views Today