Ajang O2SN dan Popwilda III Jabar, Azis: Siapkan Mental

CIREBON-Kesiapan mental dibutuhkan untuk bisa berlaga dalam setiap pertandingan. Pelatih dan pengurus juga diminta untuk menjaga mental atlet agar tetap stabil bahkan terus meningkat dalam setiap pertandingan.

Pesan tersebut diungkapkan Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, SH., saat acara Pelepasan Kontingen Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Pekan Olahraga Pelajar Wilayah Daerah III (Popwilda) Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019 di ruang Adipura Kencana, Balaikota Cirebon, Rabu, 10 Juli 2019.

“yang pertama harus disiapkan adalah kesiapan mental,” tegas Azis. Khususnya kesiapan mental atlet yang akan berlaga dalam setiap pertandingan. “Lepaskan terlebih dahulu semua beban. Sehingga nantinya bisa bertanding dengan baik,” pinta Azis.

Tidak hanya itu, Azis juga berpesan agar setiap atlet bisa memanfaatkan momentum O2SN ini dengan sebaik-baiknya.

“Tidak semua bisa berkesempatan mengukir prestasi di ajang O2SN dan Popwilda III,” ungkap Azis.

Semua prestasi yang terukir nantinya akan membawa nama baik dan menjadi kebanggaan Kota Cirebon. “Jangan pikirkan macam-macam, fokus saja bertanding. Yang lain-lain, biar dipikirkan pelatih,” pinta Azis.

Sedangkan kepada pelatih dan official, Azis juga meminta agar mereka bisa menjaga mental para atlet yang akan bertanding. “Berikan motivasi kepada mereka,” pinta Azis.

Apalagi atlet yang akan berlaga di O2SN maupun Popwilda III masih tergolong sangat muda. Sehingga dibutuhkan motivasi dan bimbingan terus menerus agar mereka bisa berlaga dengan baik selama pelaksanaan pertandingan.

Sementara itu ketua pelaksana sekaligus Kabid Kepemudaan dan Olahraga DKOKP Kota Cirebon, Drs. R Agus Setiadiningrat, MM., M.Pd., menjelaskan jika O2SN tingkat Jawa Barat dilaksanakan di Kota Cirebon mulai 12 hingga 15 Juli 2019.

“Ada 6 cabor yang dipertandingkan pada O2SN,” ungkap Agus. Masing-masing atletik, renang, karate, senam, bulutangkis dan pencak silat. Atlet dari Kota Cirebon terdiri dari siswa SD sebanyak 12 orang dan siswa SMP sebanyak 10 orang.

Sedangkan untuk Pekan Olahraga wilayah Daerah III (Popwilda) diselenggarakan di Kabupaten Sumedang pada 16 hingga 21 Juli 2019. Ada 8 cabor yang dipertandingan, masing-masing pencak silat, bulutangkis, tenis meja, sepaktakraw, bola basket, bola voli, sepakbola dan tenis lapangan. Jumlah atlet Kota Cirebon yang mengikuti sebanyak 124 orang.

Untuk target, lanjut Agus, pada O2SN yang diikuti oleh 27 kota dan kabupaten se- Jabar, Kota Cirebon ditargetkan masuk 10 besar. sedangkan untuk Popwilda III, yang diikuti oleh 7 kabupaten dan kota, Kota Cirebon ditargetkan bisa masuk 3 besar.

1503 Total Views 3 Views Today