Program Pendidikan Karakter Jabar Masagi Diluncurkan di Kota Cirebon

By | December 5, 2018

CIREBON—Program pendidikan karakter Jabar Masagi diluncurkan di Gedung Negara yang berlokasi di Kota Cirebon Jawa Barat, Rabu (05/12/2018). Peluncuran program dilakukan langsung oleh Gubernur Jabar, Ridwan Kamil atau yang lebih akrab disapa Kang Emil.

Usai acara peluncuran Program Jabar Masagi, Kang Emil menuturkan dasar peluncuran program tersebut karena adanya keprihatinan dan kekhawatiran meluasnya dampak negatif arus informasi sehingga berpengaruh terhadap moralitas dan perilaku generasi muda khususnya kalangan pelajar.

Dia mengungkapkan masih adanya kejadian tawuran antar kelompok motor, pemuda meninggal karena oplosan dan prilaku kasar di media sosial, telah mendorong Pemprov Jabar untuk membuat blue print program untuk menciptakan manusia unggulan.
“Ada 4 nilai manusia unggul yaitu nilai iman, ilmu, akhlak dan sehat yang implementasinya diambil dari nilai budaya,” katanya.

Emil menyatakan implementasi program Jabar Masagi yang diambil dari nilai budaya adalah Surti (memahami), Harti (mengetahui), Bukti (mempraktekan), dan Bakti (mengamalkan) dalam kehidupan sehari-hari.

“Program Jabar Masagi nantinya diterjemahkan dalam program di sekolah-sekolah SMA/SMK melalui program di luar kurikulum,” katanya.

Contoh program yang bisa diimplementasikan di sekolah kata Emil misalnya program mengaji sebelum masuk kelas, mencuci kaki ibu sebagai nilai menghormati orang tua atau program lainnya yang bisa menyentuh 4 nilai tersebut.

“Harapannya tak ada lagi berita tentang kenakalan remaja, dan kami ajak pimpinan daerah menerapkan di sekolah tingkat SD-SMP,” tuturnya.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Cirebon, Dr. H. Dedi Taufik M. Si menambahkan Kota Cirebon siap menerapkan program pendidikan karakter Jabar Masagi, apalagi sebagai kota wali nilai-nilai yang diharapkan telah lama diterapkan masyarakat di Kota Cirebon.

“Tantangan di masa depan semakin komplek apalagi di era digital, maka program Jabar Masagi sangat relevan diterapkan,” tambahnya.

85 Total Views 1 Views Today

Your email will not be published or shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.




Kejaksan - Serah terima jabatan dan pisah sambut kepala Rumah Tahanan kelas 1 Cirebon dari kunrat kamiri Amd IP, S.sos M AP Kepada Jalu Yuswa Panjang AmdIP SH Msi dihadiri oleh Sekretaris daerah Kota Cirebon Asep Dedi.( 17/01) Selain dihadiri oleh sekda kota cirebon acara tersebut dihadiri juga oleh Kaspolres Kota Cirebon Vivid adi , Kepala kejaksaan Negeri Cirebon Kota, Kepala Kejaksaan Negeri Kab Cirebon dan pimpinan daerah yang lain selain itu juga hadir Kakanwil Jawa barat Susi susilawati. Dalam kesempatan tersebut kakanwil kantor Hukum dan HAM Jawa barat Susi Susilawati  mengatakan bahwa di jawa barat ada 104 jabatan yang dipromosikan sebagai bentuk penyegaran di instasinya dan berharap agar pejabat yang baru tidak merusak sistem yang sudah berjalan akan tetapi dapat menjaga dan memelihara instansinya karena saat ini sedang menjadi sorotan publik, Ungkapnya ( PGH) 17/01 Save Save Save Save Save Save