Konsumsi Ikan Warga Kota Cirebon Ditargetkan Naik Setiap Tahun

By | October 10, 2018

  • CIREBON- Tahun ini, konsumsi ikan untuk masyarakat Kota Cirebon ditargetkan mencapai 28 kg/kapita. Untuk meningkatkan konsumsi ikan, gerakan gemar makan ikan (Gemarikan) didengungkan setiap saat.
  • Hal tersebut diungkapkan Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ir. Yoyon Indrayana, MT., yang mewakili Pj Wali Kota Cirebon, Dr. H Dedi Taufik, M.Si, pada Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) Untuk Generasi Sehat dan Cerdas dan Kontes Ikan Hias di DKPP Kota Cirebon, Rabu, 10 Oktober 2018. “Konsumsi ikan masyarakat Kota Cirebon pada 2017 lalu sebesar 27,8 kg/kapita,” kata Yoyon. Sedangkan konsumsi ikan warga Jawa Barat pada 2017 lalu mencapai 27,7 kg/kapita.
  • Sedangkan untuk tahun ini, lanjut Yoyon, tingkat konsumsi ikan masyarakat Kota Cirebon ditargetkan 28 kg/kapita. Yoyon pun berharap target konsumsi tersebut bisa tercapai. “Sedangkan target konsumsi ikan di Indonesia tahun ini menyentuh angka 50,65 kg/kapita,” ungkap Yoyon.
  • Untuk bisa meningkatkan konsumsi ikan masyarakat Kota Cirebon, berbagai cara pun dilakukan. Salah satunya dengan melakukan gerakan memasyarakatkan makan ikan seperti yang dilakukan oleh DKPP Kota Cirebon hari ini. “gerakan ini merupakan wujud nyata pemerintah untuk meningkatkan kesadaran gizi individu, khususnya siswa maupun masyarakat secara umum agar gemar untuk mengonsumsi ikan,” ungkap Yoyon.
  • Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari gemar makan ini. salah satunya yaitu meningkatkan kecerdasaan anak-anak usia sekolah. “Tidak hanya itu, gemar makan ikan juga akan meningkatkan industri perikanan nasional,” kata Yoyon. Termasuk meningkatkan produktivitas masyarakat, khususnya masyarakat perikanan serta mewujudkan kemandirian perekonomian. “Semoga tahun-tahun berikutnya, Gemarikan ini bisa terus dilaksanakan sehingga anak-anak usia sekolah bisa menjadi generasi yang sehat, cerdas dan kuat,” ungkap Yoyon.Sementara itu Kepala DPPKP Kota Cirebon, drh. Maharani Dewi, menjelaskan Pemerintah Daerah Kota Cirebon akan secara terus menerus dan konsisten untuk menggerakkan gemar makan ikan. Gerakan tersebut akan dilakukan juga bekerja sama dengan instansi maupun lembaga terkait lainnya. “Khusus untuk hari ini, kegiatan Gemarikan diikuti oleh 300 peserta yang berasal dari 6 sekolah dasar negeri di Kota Cirebon,” ungkap Maharani.
  • Mereka mengikuti sejumlah lomba yang dilakukan diantaranya lomba cerdas cermat, lomba paduan suara Gemarikan dan lomba menggambar serta mewarnai.

    Khusus untuk kontes ikan hias yang disatukan dengan kegiatan Gemarikan menurut Maharani dimaksudkan untuk mempertemukan seluruh potensi perikanan. “Mempertemukan antara pembudidaya ikan dengan semua stakeholders di bidang ikan hias untuk mendorong roda perekonomian,” ungkap Maharani.

  • Diharapkan dengan diselenggarakan kontes ikan hias mampu meningkatkan nilai jual komoditas ikan hias dan dapat menumbuhkan minat dan kecintaan masyarakat terhadap ikan hias agar memberikan nilai edukasi agar generasi penerus Iebih memahami serta mencintai lingkungan hidup semaksimal mungkin.

 

 

 

 

 

625 Total Views 2 Views Today

Comments are closed.




Kejaksan - Serah terima jabatan dan pisah sambut kepala Rumah Tahanan kelas 1 Cirebon dari kunrat kamiri Amd IP, S.sos M AP Kepada Jalu Yuswa Panjang AmdIP SH Msi dihadiri oleh Sekretaris daerah Kota Cirebon Asep Dedi.( 17/01) Selain dihadiri oleh sekda kota cirebon acara tersebut dihadiri juga oleh Kaspolres Kota Cirebon Vivid adi , Kepala kejaksaan Negeri Cirebon Kota, Kepala Kejaksaan Negeri Kab Cirebon dan pimpinan daerah yang lain selain itu juga hadir Kakanwil Jawa barat Susi susilawati. Dalam kesempatan tersebut kakanwil kantor Hukum dan HAM Jawa barat Susi Susilawati  mengatakan bahwa di jawa barat ada 104 jabatan yang dipromosikan sebagai bentuk penyegaran di instasinya dan berharap agar pejabat yang baru tidak merusak sistem yang sudah berjalan akan tetapi dapat menjaga dan memelihara instansinya karena saat ini sedang menjadi sorotan publik, Ungkapnya ( PGH) 17/01 Save Save Save Save Save Save